Mau kuliah di STKIP BBG? Ayo Daftar Sekarang 📑

Melirik Pesona Objek Wisata Ujung Nunang

Dimuat di Serambi Indonesia, edisi Kamis 18 Februari 2021

Ridwansyah, mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, melaporkan dari Takengon, Aceh Tengah

UJUNG Nunang merupakan objek wisata yang terletak di Kota Takengon, Aceh Tengah. Berbeda dengan destinasi lainnya, sebenarnya lokasi wisata ini merupakan danau yang sangat luas, tepatnya tepi Danau Laut Tawar.

Jika kalian pernah ke Aceh, khususnya Aceh Tengah, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan Takengon sebagai ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Letak kota ini berada di dataran tinggi yang memiliki ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut (dpl), sehingga menjadikan daerah ini memiliki udara yang dingin dan sejuk.

Kawasan ini juga memiliki banyak tempat wisata alam yang pastinya akan membuat kalian ingin kembali datang ke kota ini. Salah satunya adalah objek wisata Ujung Nunang.

Ujung Nunang sendiri berarti di ‘ujung bepergian’ atau ‘tempat jalan-jalan’. Ujung Nunang berasal dari bahasa Gayo atau suku utama yang bertempat tinggal di kawasan pegunungan tinggi ini.

Jika kalian berpikir objek wisata ini adalah laut, maka kalian salah besar, karena lokasinya bukanlah laut seperti apa yang kalian bayangkan, melainkan sebuah danau yang juga memiliki debur ombak layaknya laut.

Lokasi wisata Ujung Nunang berada di seberang kanan atau di arah utara Kota Takengon, tepatnya di Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Jika kalian ingin berkunjung di pantai ini, kalian dapat menempuhnya dari Takengon dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer dari arah barat atau sekitar 35 kilometer bila menggunakan jalur selatan.

Waktu yang diperlukan dari kota menuju pantai kurang lebih 30 menit atau setengah jam perjalanan.

Di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata Ujung Nunang, kalian akan disuguhi pemandangan alam yang relatif dapat menghilangkan kebosanan dalam perjalanan. Selain pemandangan yang indah, kalian juga akan banyak menemukan tempat menarik yang tidak rugi untuk disinggahi, salah satunya adalah One-One. Di kawasan ini banyak dijual makanan khas tradisional Dataran Tinggi Gayo seperti ikan bakar, arabika Gayo, mi, dan aneka menu lainnya.

Panorama alam dengan puncak gunung yang melingkar dan embusan angin yang sejuk serta luasnya lengkungan pantai diiringi deburan ombak yang tidak henti-hentinya membasahi kaki, menjadikan wisata Ujung Nunang sebagai tempat wisata yang begitu menawan. Semua pesona yang terdapat di pantai ini, sering membuat kita seperti hilang ingatan bahwa sebenarnya kita berada di danau yang terletak di bawah puncak pegunungaan, bukan di tepian laut/samudra.

Hamparan pantai yang luas dengan embusan angin dari pegunungan serta kondisi geografis yang berada di celah puncak pegunungan, berhasil menciptakan deburan ombak yang jarang bisa kita temukan di danau-danau pada umumnya. Nah, ombak inilah yang menjadi ciri khas di tempat wisata Ujung Nunang.

Jarak pandang yang luas membuat kita sadar betapa permainya tempat ini. Bunga-bunga yang tumbuh karena ditanam maupun tumbuh liar di sekitar tempat wisata Ujung Nunang dan bunga-bunga mawar yang menaburkan wanginya, seakan meluapkan suasana romantis pada pantai ini. Maka menjadi tidak aneh jika warga lokal memberi nama Ujung Nunang ini adalah objek wisata Ujung Nunang yang mempunyai arti wisata tempat bermain atau jalan-jalan. Tempat di mana kita bisa bermanja dengan pasangan maupun dengan anggota keluarga.

Seperti tidak ada habisnya pesona yang terdapat di wisata ini, karena ketika menjelang sore bersamaan dengan berubahnya warna langit menjadi kemerahan, tidak lama kemudian kita bisa melihat betapa indahnya sunset yang akan menambah kesan eksotis pada objek wisata Ujung Nunang.

Gunung-gunung yang menjulang tinggi dan mengelilingi tempat ini seolah telah menjadi pagar penjaga untuk kealamian tempat wisata Ujung nunang. Jadi, sudah selayaknya pula kita sebagai makhluk yang paling sempurna diciptakan Tuhan, ikut serta menjaga kelestarian alam di sekitar kita.

Selengkapnya di https://aceh.tribunnews.com/2021/02/18/melirik-pesona-objek-wisata-ujung-nunang?page=2.

 BBG  NEWS Lidya Hidayatullah Wakili STKIP BBG Pada Young Muslim Women Summit 2021 BBG  NEWS BBG TV: Benarkah Tidur Pada Bulan Puasa Itu Ibadah? BBG  NEWS BBG TV: Bermain Game Menghibur Puasa? BBG  NEWS BBG TV: Ramadan, Perbanyak Ibadah Bukan Perbanyak Makan BBG  NEWS Pembina Yayasan: Ini Adalah Wisuda Terakhir Kampus STKIP BBG BBG  NEWS STKIP BBG Yudisium 230 Lulusan BBG  NEWS Guru Banda Aceh dan Aceh Besar Ikut Try Out PPG di Kampus BBG BBG  NEWS Muhammad Naumi, Mahasiswa Penjas BBG Raih Dua Medali Kejurda Menembak Piala Pemerintah Aceh BBG  NEWS BBG TV: Keren, Mahasiswa BBG Ini Masuk Nominasi 10 Besar Duta Ekowisata Indonesia BBG  NEWS Dosen PGSD BBG Terpilih Sebagai Reviewer Nasional PKM 5 Bidang BBG  NEWS Lidya Hidayatullah Wakili STKIP BBG Pada Young Muslim Women Summit 2021 BBG  NEWS BBG TV: Benarkah Tidur Pada Bulan Puasa Itu Ibadah? BBG  NEWS BBG TV: Bermain Game Menghibur Puasa? BBG  NEWS BBG TV: Ramadan, Perbanyak Ibadah Bukan Perbanyak Makan BBG  NEWS Pembina Yayasan: Ini Adalah Wisuda Terakhir Kampus STKIP BBG BBG  NEWS STKIP BBG Yudisium 230 Lulusan BBG  NEWS Guru Banda Aceh dan Aceh Besar Ikut Try Out PPG di Kampus BBG BBG  NEWS Muhammad Naumi, Mahasiswa Penjas BBG Raih Dua Medali Kejurda Menembak Piala Pemerintah Aceh BBG  NEWS BBG TV: Keren, Mahasiswa BBG Ini Masuk Nominasi 10 Besar Duta Ekowisata Indonesia BBG  NEWS Dosen PGSD BBG Terpilih Sebagai Reviewer Nasional PKM 5 Bidang BBG  NEWS Lidya Hidayatullah Wakili STKIP BBG Pada Young Muslim Women Summit 2021 BBG  NEWS BBG TV: Benarkah Tidur Pada Bulan Puasa Itu Ibadah? BBG  NEWS BBG TV: Bermain Game Menghibur Puasa? BBG  NEWS BBG TV: Ramadan, Perbanyak Ibadah Bukan Perbanyak Makan BBG  NEWS Pembina Yayasan: Ini Adalah Wisuda Terakhir Kampus STKIP BBG BBG  NEWS STKIP BBG Yudisium 230 Lulusan BBG  NEWS Guru Banda Aceh dan Aceh Besar Ikut Try Out PPG di Kampus BBG BBG  NEWS Muhammad Naumi, Mahasiswa Penjas BBG Raih Dua Medali Kejurda Menembak Piala Pemerintah Aceh BBG  NEWS BBG TV: Keren, Mahasiswa BBG Ini Masuk Nominasi 10 Besar Duta Ekowisata Indonesia BBG  NEWS Dosen PGSD BBG Terpilih Sebagai Reviewer Nasional PKM 5 Bidang